Ada pepatah penulis bilang, kalau udah ada ide yang muncul langsung aja tulis di kertas idenya atau kalau perlu bikin folder khusus ide. Jadi setiap ada ide yang muncul, ada kumpulan file yang sudah dimuat. Kita tinggal nulis deh sesuai ide yang udah kita buat sebelumnya.

Nah, masalahnya gimana kalau otak lagi butek? Boro-boro mau nulis, buat mikirin ide aja gak muncul-muncul. Bener apa betul? Kalian pernah ngalamin gak? Kalau belum pernah berarti kalian super writer. Keren!

Saya sih sering ngalaminnya. Haha apalagi lagi moodnya gak karuan. Banyak kerjaan, emosi jiwa, bentrok dengan partner kerja, dan macam-macam. Yang intinya sistem kerja otak kita gak bisa bagus untuk memunculkan satu ide tulisan pun.

Terus gimana Kang kalau munculin ide tulisan pas lagi mumet? Okay-okay saya mau sharing ya seputar ide. Meskipun kalian pasti pernah ngalamin dan tahu solusi masing-masing, setidaknya kita bisa berbagi ya. Makin banyak terinspirasi kan makin bagus. Hehe

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk menuangkan ide ketika otak saya lagi butek.

Pertama, STOP MENULIS. Jika kalian tetap memaksakan untuk menulis, hasil tulisan kalian bakal amburadul gak karuan. Niat bikin tulisan keren eh malah memble. Tulisan yang keren berawal dari ide yang keren.

Kedua, MULAI MEMBACA. Baca blog teman, baca koran, atau baca buku bisa merefresh otak kalian. Tapi ingat jangan baca tulisan yang berat-berat ya. Cukup baca aja novel, curhatan blog, dan tulisan lain yang menurut kalian ringan dibaca.

Ketiga, JALAN-JALAN. Kalau dirasa belum cukup mantap otaknya, coba deh dinginin pikiran kalian buat jalan-jalan keluar. Saran saya sih cari tempat yang asri atau banyak view yang menyegarkan. Mungkin kalian ada rekomendasi tempat jalan yang saya maksud?

Keempat, BANYAKIN IBADAH. Boleh jadi ide yang tidak muncul dalam otak kita karena kita kurang ibadah malah banyak maksiat. Naudzubillah. Semoga kita gak termasuk dalam golongan seperti itu ya guys. Saran saya sih banyakin ibadah biar pikiran kita lebih tenang, ide banyak bermunculan, dan nulis pun menjadi enteng.

Mulai dari bangun sebelum subuh, banyakin tilawah, rajin sholat, dan ibadah lainnya yang membuat pribadi kita lebih baik lagi. InsyaAllah kalau kitanya banyakin ibadah sama Allah maka jangankan ide, tulisan pun bisa dipermudah sama Allah.

So, Semangat Menulis Guys!

Menuangkan Ide Ketika Otak Lagi Butek
Tagged on:     

One thought on “Menuangkan Ide Ketika Otak Lagi Butek

  • March 20, 2019 at 1:44 am
    Permalink

    Hehehe..
    Aku sering bgt begini loh mas,

    Ide sih sering muncul,
    Trus akuvtulis di note hp,
    Sayangnya eksekusinya yang sukit.
    Mau ngembangin ide mentok
    Keburu capek sama kerjaan rumah.
    Dipaksa juga malah makin mentok,
    Dibawa baca artikel, malah latah stalking yg lain

    Aku tuh moody abis…
    Dibawa jalan2 malah kecapean lupa lagi sama tulisab

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *